Wednesday, May 15, 2013

Pabrik Semen di Pidie Akan dibangun


BANDA ACEH--PT Semen Indonesia akan membangun pabrik semen di Kabupetan Pidie, Provinsi Aceh pada akhir 2013 yang sebelumnya sempat tertunda, dan diperkirakan mulai beroperasi pada 2016 akhir atau 2017 awal.
Di dalam pembangunan pabrik tersebut, lokasi serta bahan baku akan disediakan oleh perusahaan lokal PT Samana Citra Agung.
Direktur Komersil PT Samana Citra Agung, Andaman Ibrahim mengatakan pihaknya telah menyediakan lahan seluas 1.558 hektar untuk pembangunan pabrik, pelabuhan, dan kawasan bahan baku yang tersebar di dua kecamatan di Kabupaten Pidie, Kecamatan Mutiara Tiga Laweueng dan Batee.
Andaman memperkirakan pengurusan berbagai administrasi pembangunan pabrik semen tersebut diperkirakan akan tuntas pada 2013.
“Setelah itu akan dilanjutkan dengan pembangunan, dan mulai beroperasi pada 2016-2017. PT Semen Indonesia akan menjadi investor yang membangun sarana dan prasarana pendukung,” ucapnya dikutip dari Antara, Rabu (24/4/2013).
Diperkirakan selama tiga hingga empat tahun masa pembangunan pabrik semen tersebut akan memberikan lapangan pekerjaan untuk 1.000 orang dari daerah tersebut dan Aceh secara umum.
Sementara ketika pabrik telah beroperasi penuh, tenaga kerja yang dibutuhkan mencapai sekitar 400 orang.
"Kami perkirakan selama tiga tahun masa rekonstruksi pabrik semen yang direncanakan dibangun di Kabupaten Pidie akan menampung seribuan pekerja, dan saat beroperasi normal membutuhkan sekitar 400 pekerja,” tuturnya.
Pihaknya akan bekerja sama dengan semua pihak untuk mewujudkan pembangunan perusahaan semen itu dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di masa mendatang.
Sebelumnya, PT Samana Citra Agung telah bertemu dengan Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Selasa (23/4) untuk memaparkan rencana pembangunan pabrik semen di kawasan Pidie tersebut.
Zaini berharap pembangunan semen Laweung tersebut dapat segera terealisasi sehingga membangkitkan ekonomi rakyat Aceh dan dapat menyerap tenaga kerja, serta member dampak bagi publik.
"Kami sangat mendukung berbagai pihak yang ingin berinvestasi di Aceh dan kami akan mempelajari keinginan pembangunan pabrik semen di Kabupaten Pidie agar nantinya tidak menimbulkan permasalahan kemudian hari," jelas Zaini. [bisnis, antara]

No comments:

Post a Comment